Desain Arsitektur Pada Ruko Minimalis Modern

Sponsored Links

Sebenarnya konsep desain arsitektur ruko minimalis modern kurang lebih sama dengan desain arsitektur rumah biasa pada umumnya. Hanya saja desain ruko sedikit lebih rumit karena lebih banyak detail-detail ruangan yang harus dibagi secara cermat. Karena umumnya ruko dibangun di area yang cukup luas, maka konstruksi bangunan harus didesain sedemikian kokoh supaya investasi property ini dapat bertahan lama. Selain desain eksterior, layout interior seluruh ruangan pada bangunan juga wajib diperhatikan sebab hal tersebut berkaitan dengan faktor kenyamanan pengunjung ruko nantinya.

 Konsep Ruko Minimalis 2 Lantai Dengan Gaya Mewah

Ruko Ramah Lingkungan

Untuk menghemat lahan, biasanya ruko berfungsi sekaligus sebagai tempat tinggal. Untuk itu ruko harus dibangun dengan 2 lantai dimana lantai 1 digunakan sebagi tempat bisnis, sementara lantai 2 difungsikan untuk tempat tinggal. Sebenarnya bukan hanya itu, selain untuk bisnis sekaligus tempat tinggal, ruko juga sering dimanfaatkan sebagai kantor, tempat fitness, restoran, atau kafe. Artinya semua aktivitas usaha berada pada satu tempat namun tempat tersebut tetap disebut ruko. Ruko sendiri sekarang termasuk jenis investasi paling populer dimana memungkinkan seseorang bisa hidup sekaligus menjalankan roda bisnis di satu tempat.

Seiring perubahan dari perkembangannya, desain arsitektur ruko minimalis modern memiliki aspek yang cenderung negatif, misalnya akses masuk ke ruang utama hanya menggunakan satu pintu, itupun biasanya besar dan berat. Masalah lain yang sering ditimbulkan dari bangunan ruko adalah aliran buangan air atau drainase yang umumnya diabaikan karena lebih memprioritaskan keuntungan secara ekonomi dibanding faktor lingkungan. Oleh karena itu perlu adanya ide khusus untuk membangun sebuah ruko yang didesain ramah lingkungan, namun tetap dapat diterima investor atau pemilik bangunan.

Langkah pertama untuk membuat desain ruko ramah lingkungan adalah menentukan konsep drainase yang tepat. Intinya saluran kota (riol) tidak boleh sampai tertutup oleh bagian depan ruko, misalnya sengaja menutup saluran (got) dengan beton untuk menambah luas bangunan. Solusi yang tepat adalah memasang drain besi untuk menutup bagian atas saluran. Dengan demikian kendaraan tetap bisa lewat.

Untuk menutupi bagian depan desain ruko sebaiknya tidak menggunakan paving block padat atau tertutup. Sebaiknya menggunakan paving block yang terdapat lubang ditengahnya atau grass block sehingga dapat berfungsi sebagai resapan air atau tempat tumbuh rumput hijau. Dengan begitu pemasangan grass block selain berguna untuk resapan air sekaligus juga membantu mengurangi risiko banjir. Untuk pembangunan ruko sendiri sepertinya harus melakukan sedikit pengorbanan dengan menyisakan sebagian lahan di samping ruko untuk difungsikan sebagai taman. Disitu bisa ditanam aneka pepohonan atau tanaman lain agar suasana ruko jauh dari kesan gersang dan kering.

Jika memang memungkinkan, desain arsitektur ruko minimalis modern juga harus memperhatikan fungsi lain dari ruko, misalnya ruko sekaligus sebagai tempat makan. Bila terdapat penerapan konsep seperti itu maka ruko bisa dibangun semi outdoor, artinya tempat makan di lantai 1 bangunannya tidak menjadi satu dengan dinding ruko secara keseluruhan, tapi sebagian menonjol ke depan dan dibuat semi terbuka dengan memanfaatkan dak lantai 2 sebagai atap. Dengan desain unik ini, pengunjung tempat makan dapat menikmati suasana diluar ruangan meskipun posisinya masih di dalam ruko.

Sponsored Links